Sinau Cinta Nabi SAW | KholiliNulis

Sinau Cinta Nabi SAW | KholiliNulis

من صلي علي واحدة صلي الله عليه عشرا 
( رواه مسلم و ابو داود )
"Barang siapa bersholawat kepadaku sekali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali."
(H.R Muslim Dan Abu Dawud)

KholiliNulis - Beruntung nya yang Cinta sama Nabi Muhammad Saw. Sholawat satu kali dihadiahkan sepuluh kali lipat, jika dua kali mengucapkan Sholawat ya dihadiah kan sepuluh kali lipatnya, dan seterusnya sampe sekuatnya.

Jika dalam berdagang, yang menjadi pembeli akan sangat beruntung sekali, lha wong beli satu dapat sepuluh, beli dua dapet dua puluh, beli tiga, beli empat, beli lima sampe duitnya habis akan selalu dilipat gandakan sepuluh. Dan yang menjadi pedagangnya ya, sangat rugi bisa langsung tutup tokonya.

Akan tetapi Gusti  Allah tidak, tidak rugi sama sekali. Apalagi yang namanya bangkrut. Dengan hitungan Allah tidak akan pernah ada kata rugi dan bangkrut. Justru Allah akan sangat senang kepada manusia yang selalu bersholawat kepada Kekasih-Nya ini.

Dan lebih beruntung lagi orang dicintai Nabi Muhammad Saw, antara yang dicintai dan mencintai saling berbagi Cinta. Indahnya menjalani hidup ini, selainnya serasa ngontrak..

Meski pada dasarnya Nabi mencintai seluruh Ummat nya hingga akhir zaman, tetapi memang ada ummat pilihan nya, dan pilihan Allah Ta'alaa. Dan mereka adalah Para Kekasih Allah.

Cinta itu bagaikan setangkai bunga Mawar yang indah merakah sedap dipandang, semerbak harum mewangi membius pusat saraf hingga melayangkan Imajinasi keindahan. Tetapi terdapat duri-duri kecil pada batangnya, yang bila tak berhati-hati ia dapat melukai yang memegangnya.

Duri itu mengartikan batasan, karena Cinta ada batasan-batasannya. Kecuali Cinta kepada Sang Maha yang tak memiliki batasan ruang dan waktu. Disetiap tempat, Keadaan, waktu. Itulah Cinta kepada Sang Maha Pencipta.

من صلي علي صلاة واحدة صلي الله عليه عشر صلوات, وحطت عنه عشر خطيئات, ورفعت له عشر درجات 
( رواه النسائ ) 

"Barang siapa bersholawat kepadaku sekali, Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali, dan dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan di angkat kedudukanya sepuluh derajat."
( H.R An-Nasa,i )

Cinta yang benar-benar Cinta Nabi ialah Cinta yang sekaligus mengikuti suri ketauladannya, tertinggi dari kemampuan manusia itu sendiri. Bukan mereka yang hanya teriak-teriak Sholawat, namun akhlaknya tak sama sekali mencerminkan Cinta kepada Nabi Muhammad Saw. Perilakunya Radikalis, pemarah, membenarkan diri sendiri.

Apa iya, Sifat Nabi seperti itu?

Bukankah Nabi diantaranya memiliki Empat Sifat yang Mulia. Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah.

Shiddiq itu bener, bener karena kejujuran nya Nabi. Nabi itu tak pernah berbohong dalam ucapannya maupun tingkah lakunya.

Amanah itu dapat dipercaya karena Nabi sangat mampu menjaga kepercayaan kepada siapapun bahkan kepada non muslim hingga diberikan gelar Al-Amin.

Tabligh itu menyampaikan, Menyampaikan kebenaran yang haqq dari Gusti Allah, menyampaikan Wahyu Allah kepada Ummat nya. Menyampaikan yang harus disampaikan jika tidak perlu disampaikan, tidak akan disampaikan.

Fathonah itu Cerdas, Cerdas dalam segala bidang 'Ilmu, dalam segala kondisi serta bermacam-macam.

Banyak Sifat Mulia Nabi yang lainnya, diantara yang sangat dikenal, yang empat itu. Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Ini ciri akhlak Nabi jika mengaku sebagai Ummat nya, jika mengaku mencintai nya, jika mengaku selalu rindu padanya Nabiyyina Muhammad Saw.

Ya, sudah seharusnya dan sepatutnya  mengikuti akhlak beliau, minimal satu diantara empat sifatnya. Dan semampunya, jangan pula memaksakan kehendak nafsu kita bila tidak bisa atau tidak mampu.

Mulai saat ini niatkan dalam hati, untuk mencintai dengan sebenar-benarnya mencintai, mengikuti jejak Suri Tauladan diantara empat sifatnya Nabi Saw. Karena hidup ini bukan hanya berbicara dan merasa tapi harus dengan tingkah laku yang baik dan lembut.

KholiliNulis | Jur-Bar, 30 April 2018

Belum ada Komentar untuk "Sinau Cinta Nabi SAW | KholiliNulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel