Awali Dengan Nawaitu | KholiliNulis

Awali dengan Nawaitu | KholiliNulis

KholiliNulis - Niat adalah Pangkal nya permulaan Amaliyah, baik itu Sholat, bekerja dan Ibadah yang lainnya. Jika setiap Perbuatan tanpa di awali dengan Niat akan berbeda nilainya.

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)





Pernah tidak, ketika mengerjakan sesuatu tanpa diawali dengan Niat, bagaimana hasilnya? 

Dan bagaimana hasilnya, ketika mengerjakan sesuatu itu diawali dengan Niat?

Pasti berbeda hasilnya, rasanya pun berbeda. Ketika mengerjakan sesuatu itu di awali dengan Niat dan yang tanpa dengan Niat. Dimulai dari awal sampai akhir pekerjaan, itu sangat terasa berbeda. Bedanya ya, dengan Niat itu. Bismillah Nawaitu dan sebagainya, niat karena apa, untuk apa dan bagaimana..

Esensinya akan sangat terasa, dengan Allah, karena Allah, bersama Allah. Dengan tanpa Allah, tidak karena Allah, tanpa bersama Allah. Jika memulai suatu pekerjaan di awali dengan Niat sudah pasti Karena Allah. Contohnya : diawali dengan Niat, Bismillahi Tawakkaltu 'Alallah Lahaula Walaa Quwwata Illa Billaahil' Aliyyil'adzhiim.. Ya Allah aku niat bekerja untuk mencari nafkah sebagai 'Ibadah kepada-Mu. Tanpa Niat, bodo amat yang penting gua kerja, mao halal kè, mao haram kè. Jadi hasilnya akan sesuai dengan apa yang diniatkan.

Niat itu sebagai pemandu dan alarm, setiap pekerjaan yang dimulai dengan niat ketika mau melakukan hal yang salah, itu akan ada alarm dan pemandunya. " Hayo,, mau ngapain? Itu gak boleh,, ayo kerja yang bener.." 

Jangan sampai salah dalam berniat, baru niat saja sudah dicatat sebagai amal ibadah apalagi sampai mengerjakannya. Berlipat-lipat nanti nilainya..






Jalani ibadah hanya karena Allah dengan niat yang tulus, Ikhlash pasti akan membawa Berkah Lan Manfa'at.. Insya Allah.. Bagi diri sendiri, keluarga dan orang disekitarnya. Barengi niat dengan Do'a kepada Gusti Allah Ta'alaa, Mohon Rizki yang Halal, Berkah dan Manfa'at untuk Agama, Dunia dan Akhirat.


KholiliNulis | Jur-Bar, 20 April 2018.

Belum ada Komentar untuk "Awali Dengan Nawaitu | KholiliNulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel