Skip to main content

Nikmat Itu Diantaranya | Uang Tinggal Sepuluh Ribu Perak


Uang tinggal Sepuluh Ribu perak, ini adalah Rezeki dari Allah untuk terus selalu bersyukur kepada-Nya, meski uang yang ada hanya sepuluh ribu perak.
Tidak tahu besok ada uang lagi atau tidak meski kita tetap ber-ikhtiar mencarinya, karena rizki tetap Allah yang memberikan. Dan di sinilah rasa syukur manusia di uji dengan adanya uang yang ada, entah esok ada atau tidak. Tapi jika nyatanya tidak dikasih sama Allah berarti Allah sedang mengingatkan kepada diri, besok bersyukurnya lebih lagi yaa!.

Jika ternyata esokan harinya belum juga di kasih, mungkin kita lupa akan memberi kepada orang yang membutuhkan, tetaplah bersyukur kepada Allah dengan hati gembira. Dan tetap berdo'a dan ber-ikhtiar mencarinya, semoga saja esok akan akan diberi rizki sama Allah, dan ternyata Alhamdulillah Allah belum juga memberikan rizki-Nya kepada diri, Alhamdulillah mungkin masih kurang sedekah Jariyahnya, mungkin masih kurang menyenangkan orang lain, masih belum atau kurang menyenangkan orang tua, besok tingkatkan lagi yaa..! Tambahin lagi quota syukurnya, mungkin terlalu banyak quota Internetnya daripada syukur nya.

Alhamdulillah hari Ini pun masih belum juga dikasih rizki-Nya, mungkin Muhasabah diri nya masih belum banyak, mengenal dirinya masih kurang banyak dari pada mengenal orang lainnya. Alhamdulillah ternyata selama berdo'a dan ber-ikhtiar kamaren-kemaren ternyata lupa sesuatu, lupa kalau Allah tak pernah berhenti memberikan rizki Nafas yang tak pernah berhenti setiap waktu, masih diberi sehat badan, masih diberi bisa melihat sama Gusti Allah Ta'alaa.

Astagfirullahal'adhziim Ya Allah Gusti Pangeran.. 

Ampunilah 'Abdi yang lupa akan rizki-Mu yang terlupakan oleh ku yaa Robbanaa..

Segala Puji Bagi Allah yang menciptakan Alam semesta ini, Dzat yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih, Allah yang Maha Pengampun lagi Maha Pemberi Rizki. 

'Abdi bersyukur kepada Mu Yaa Robbanaa. 

Terkadang manusia lupa akan nikmat Rizki yang Allah berikan dalam diri, bahkan cenderung melupakannya karena terlalu sibuk mengurusi urusannya dunianya saja hingga lupa kepada Allah atas segala hak dan kewajibannya sebagai makhluk ciptaan-Nya. Ini bukan tentang uang sepuluh ribu rupiah atau esok makan atau tidak, tapi Yakin nya kepada Allah, yang menciptakan seluruh makhluk yang ada di Alam Raya ini sudah dipastikan akan dapat jatah Rizki-Nya masing-masing dan dengan kadar nya masing masing juga.

"Wong ulet didalam pohon sagu saja, kalau di lihat (dibuka dalam batang pohonnya) saja Gemuk Kok..! Satu lagi, Cicak itu makanannya Laron (Lemud - serangga yang bisa terbang/memiliki sayap), kalo dipikir menggunakan otak sampai atau tidak? Cicak itu yang memakan gak punya sayap, Laron (lemud) itu yang dimakan ber sayap. Tapi cicak menggunakan ilatnya (lidah) kaya lambene (lidah) wadon. " - Ki Enthus-

Jadi jangan takut akan tidak makan, jangan takut tidak akan mendapatkan rizki, jangan takut akan kekurangan.. Jangan..!! Bersyukur..!! Nerimo..!! Ridho sama yang dikasihkan Gusti Allah..!!
Karena rasa Syukur akan membuat hati Lapang, luas bahkan seluas samudera. Tak akan ada lagi rasa takut serta kekhawatiran.

"Sesungguhnya orang-orang mu'min, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS. Al-Baqoroh : 62)


Kholili
Jur-Bar, 18 April 2018

POST

IMAJINASI | Pemisah Antara Akal dengan Nafsu

Dalam sebuah untaian Sholawat mengatakan :

وَالْفِكْرُ بَيْنَ عَقْلٍ وَنَفْسٍ # حَالَةَ شَقِيٍّ وَسَعِيْدِ

SINAU | Rahmatan Lil'alamiin

Kalimat Rahmatan Lil'alamiin diwahyukan oleh Allah melalui Malaikat Jibril AS.

UNTAIAN TAFAKKUR | Move On

Dosa masa lalu, manusia tidak mampu move on salah satunya adalah karena dosa masa lalu

Nikmat itu Diantaranya | Menolong Kepada Yang Membutuhkan Pertolongan

Memberikan Bantuan terhadap orang yang sedang membutuhkan pertolongan adalah nikmat yang begitu indah dari Allah,

UNTAIAN TAFAKKUR | Orang Ber-Iman Tidak Berputus Asa

اَالْفَاجِرُ الرَّجِيْ لِرَحْمَةِاللّهِ تَعَلیٰ اَقْرَبُ مِنْهَا مِنَ الْعَابِدِ  الْمُقْنِ  (رواه الشيرزی إبن مسعود :مختارلأحاديث)