Skip to main content

CANGKIR & KOPI | Kopi Itu Silaturahmi

Sumber : google.co.id
Google.co.id

" Mbak,, kopi hitam satu ya.. jangan pake gula! Gulanya buat mbak ajah,, biar yang manis mbak ajah.. Hehe"

Kopi itu diciptakan berbagai Manfa'at untuk tubuh sampai silaturahmi, contoh : "Ngopi kerumah,, pesan seorang temen melalui WA.
"Ok, gua dateng.. Siapin ajah segelas.." - jawab temennya melalui WA- 
Kemudian temen yang ini ngabarin temennya yang lain. Semua datang ditempat seorang sahabat yang pertama kali ngajakin ngopi.

Nah ini satu wujud contoh kalau Kopi itu menjadi alat sebagai penyatu, untuk orang-orang bersiltarurrahmi karena kopi. Entah berkumpul dengan niatan berkualitas ataupun berkualitas sisi baik pertama yang harus di pandang oleh fikiran dan hati adalah bersiltarurrahmi. Yang lebih baik dan tinggi ya,, dengan niatan yang lebih berkualitas lagi. Misalnya ngobrol sesuatu yang membawa Manfa'at bagi mereka sendiri bahkan orang lain. Itu sangat berkualitas Ngopi nya, dibandingkan dengan yang kurang berkualitas.

Di sinilah salah satu terjadinya Kopi / Ngopi membawa Manfa'at. Kopi itu bermanfaat bukan hanya untuk tubuh saja melainkan menjadi salah satu alat yang menjadi sangat bermanfa'at untuk manusia. Janganlah berfikir bahwa kopi itu tidak ada manfaatnya sama sekali.. Jangan..!

Apa yang dirasakan kalau ngopi? 
Pernah dalam kerisauan kemudian Ngopi? 

Jangan pula disalah artikan kalau kopi menjadi yang memberikan kemanfaatan itu, nanti jadi musyrik (syirik).. Tapi Yakinlah dengan kopi Allah memberikan penawar dari berbagai masalah dan sebagai alat yang Allah ciptakan untuk bersiltarurrahmi dan yang lainnya.

Kopi itu nyegerin, kopi itu menikmati, kopi itu menenangkan, kopi itu melapangkan, kopi itu nguatin dan Kopi itu baik. Tapi "Kopi itu juga Haram bagi mereka yang mengharamkannya dengan keras kepala." (Dawuh Syeikh).  Janganlah jadi kaum yang mengharamkan terhadap sesuatu ciptaan Allah yang belum tentu keharamannya. Allah menciptakan sesuatu yang ada di muka bumi ini tidak ada yang sia-sia. Semuanya bermanfaat dan hanya beberapa yang Mudhorot.

Jadi, mari budayakan Ngopi itu salah satunya sebagai alat silaturahmi kepada keluarga, tetangga, sahabat, orang-orang Sholeh, ataupun Guru. Dengan niatan yang berkualitas, isi yang lebih banyak Manfa'at nya dari pada Mudhorot nya. Mulai dari mencari jalan kepada Allah sampai dengan obrolan Agama. Biar berkahnya pun berkualitas.

Kholili
Jur-Bar, 25 April 2018

POST

SINAU | Rahmatan Lil'alamiin

Kalimat Rahmatan Lil'alamiin diwahyukan oleh Allah melalui Malaikat Jibril AS.

UNTAIAN TAFAKKUR | Move On

Dosa masa lalu, manusia tidak mampu move on salah satunya adalah karena dosa masa lalu

Nikmat itu Diantaranya | Menolong Kepada Yang Membutuhkan Pertolongan

Memberikan Bantuan terhadap orang yang sedang membutuhkan pertolongan adalah nikmat yang begitu indah dari Allah,

UNTAIAN TAFAKKUR | Orang Ber-Iman Tidak Berputus Asa

اَالْفَاجِرُ الرَّجِيْ لِرَحْمَةِاللّهِ تَعَلیٰ اَقْرَبُ مِنْهَا مِنَ الْعَابِدِ  الْمُقْنِ  (رواه الشيرزی إبن مسعود :مختارلأحاديث)

IMAJINASI | Pemisah Antara Akal dengan Nafsu

Dalam sebuah untaian Sholawat mengatakan :

وَالْفِكْرُ بَيْنَ عَقْلٍ وَنَفْسٍ # حَالَةَ شَقِيٍّ وَسَعِيْدِ