Skip to main content

Nikmat itu Diantaranya | Menolong Kepada Yang Membutuhkan Pertolongan

google.co.id
Memberikan Bantuan terhadap orang yang sedang membutuhkan pertolongan adalah nikmat yang begitu indah dari Allah,
terlebih lagi didasari dengan ketulusan tanpa terfikirkan niatan yang lain. Setiap amaliyah yang disandarkan pada ketulusan hati, fikiran dan perilaku adalah keindahan yang begitu besar nan nikmat bahkan tak ternilai jika dinilaikan. Dalam hal ini termasuk dalam kategori Sedekah amaliyah bahkan kepada makhluk yang sedang membutuhkan pertolongan, buang jauh-jauh fikiran buruk terhadap apa yang akan dilakukan ini, pada dasarnya setiap perbuatan baik akan melalui proses ujian dari Allah, dan godaan syaitan yang setiap waktu selalu siap untuk menggoyangkan dan menggoyahkan niatan dan amaliyah ini.

Tak ada perbuatan baik, kebajikan karena Allah tanpa adanya proses Ujian dan Godaan, kecuali bagi yang sudah mencapai maqom yang tertinggi. Karena mereka sudah melaluinya dengan baik, bahkan Nabi Muhammad SAW Saja Makhluk tertinggi dimuka bumi ini dan dari penduduk langit yang  terindah budi pekertinya (akhlak serta Adab) dari seluruh makhluk di alam raya pun tetap harus melalui proses cobaan dari Allah dan godaan dari pasukan iblis yang tak pernah berhenti menyudutkan, mengepung, menghujam, menghambat, menakut-nakuti dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan ummatnya yang penuh salah serta dosa atas banyaknya maksiat yang tak pernah berhenti dilakukan.

Setiap runtutan kebaikan yang dilakukan oleh seluruh orang Muslim atau Mu'min adalah bersumber dari sang suri tauladan terindah Nabi Muhammad SAW, baik ucapan, perilaku serta hatinya semua bersandar kepada Nabi yang Agung nan Mulia. Namun bagi orang yang masih awam terhadap Agama kemudian bersandarkan kepada para 'Alim 'Ulama baik tutur katanya, perilakunya, serta hatinya. Dan ini berdasarkan kepada perkataan Nabi Muhammad SAW :

" 'Ulama adalah pewaris para Nabi " 

Dalam Al-Qur'an pun dijelaskan kan,

⚪ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ ..... 
"...... Dan Allah Mencintai Orang-orang Yang Berbuat baik" 

Baik mengerjakannya Ikhlash karena Allah Ta'alaa, dengan penuh rendah hati, Tata krama, Adab, senyuman manis yang membuat orang ditolongnya kembali tersenyum merekah.

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقاَلَ ذَرَّةٍ خَيْراً يَرَهُ (٧) وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقاَلَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ (٨)
"Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya ⚪ Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula" 

Kholili
Jur-Bar, 17 April 2018

POST

IMAJINASI | Pemisah Antara Akal dengan Nafsu

Dalam sebuah untaian Sholawat mengatakan :

وَالْفِكْرُ بَيْنَ عَقْلٍ وَنَفْسٍ # حَالَةَ شَقِيٍّ وَسَعِيْدِ

SINAU | Rahmatan Lil'alamiin

Kalimat Rahmatan Lil'alamiin diwahyukan oleh Allah melalui Malaikat Jibril AS.

UNTAIAN TAFAKKUR | Move On

Dosa masa lalu, manusia tidak mampu move on salah satunya adalah karena dosa masa lalu

UNTAIAN TAFAKKUR | Orang Ber-Iman Tidak Berputus Asa

اَالْفَاجِرُ الرَّجِيْ لِرَحْمَةِاللّهِ تَعَلیٰ اَقْرَبُ مِنْهَا مِنَ الْعَابِدِ  الْمُقْنِ  (رواه الشيرزی إبن مسعود :مختارلأحاديث)